Thursday, April 10, 2014

Membedakan Fakta dan Opini

Membedakan Fakta dan Opini

Kompetensi

Dalam mempelajari modul online ini Kamu harus memperhatikan hal-hal berikut:
1.    Keberhasilan mempelajari modul online tergantung dari kedisiplinan dan ketekunan Kamu dalam memahami dan mematuhi urutan setiap kegiatan pembelajaran.
2.    Belajar dengan modul online dapat dilakukan secara mandiri atau kelompok, baik di tempat kegiatan belajar (TKB) atau di luar TKB.
3.    Langkah-langlah yang perlu Kamu ikuti adalah:
a.    Usahakan bila memungkinkan memiliki Buku Pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia Kelas IX sebagai bahan pengayaan atau pendalaman materi, karena modul online ini  hanya berisi  materi pokok.
b.   Baca dan pahami benar tujuan yang terdapat dalam modul online ini.
c.    Jika dalam mempelajari modul online ini kamu mengalami kesulitan, diskusikan dengan teman-teman yang lain. Jika ini pun belum terpecahkan sebaiknya Kamu tanyakan kepada guru pamong di TKB atau guru bina pada waktu tatap muka.
d.   Setelah Kamu memahami materi pelajaran tersebut, kerjakan tugas-tugas yang tercantum dalam modul ini, dalam lembar jawaban yang terpisah atau pada buku tulismu.
e.   Periksalah hasil penyelesaian tugas tersebut melalui kunci yang tersedia. Jika ada jawaban yang belum benar, pelajari sekali lagi materi yang bersangkutan. Apabila semua kegiatan dalam satu modul sudah dapat diselesaikan dengan baik, Kamu berhak mengikuti tes akhir modul (TAM) yang telah disiapkan.
f.    Jika dalam TAM Kamu dapat mencapai nilai 7,5 atau lebih, Kamu dapat mempelajari modul berikutnya.
4.    Urutan kegiatan tersebut hendaknya dilakukan dengan disiplin, agar Kamu lebih cepat berhasil dalam mempelajari modul demi modul.


Membedakan Fakta dan Opini 1

Perhatikanlah teks berikut!

(1)Kapal pesiar adalah perahu layar atau kapal kecil yang sangat baik digunakan untuk rekreasi pada waktu luang. (2) Pada umumnya kapal pesiar ada dua macam,  yaitu kapal yang tidak menggunakan mesin dan kapal yang menggunakan mesin. (3) Kapal layar bermesin yang lebih terkenal dengan sebutan kapal layar pesiar baik juga untuk sarana rekreasi. (4) Kapal layar pesiar biasanya digunakan oleh orang – orang kaya untuk berpesiar.

 Nah, kalimat manakah yang berisi fakta pada paragraf tersebut? Fakta merupakan pernyataan tentang sesuatu yang ada dalam kenyataan dan kebenarannya tidak perlu dibuktikan lagi. Jadi fakta pada paragraf tersebut ditandai dengan nomor 2 (Pada umumnya kapal pesiar ada dua macam, yaitu kapal yang tidak menggunakan mesin dan kapal yang menggunakan mesin). Mengapa? Karena pernyataan seperti itu tidak lagi memerlukan pembuktian karena memang kenyataannya demikian.

Setelah kamu mampu menentukan fakta, sekarang coba tentukan kalimat manakah yang berisi pendapat pada paragraf tersebut?Pendapat (opini) adalah pikiran atau pandangan tentang sesuatu hal , keadaan, atau peristiwa. Suatu pendapat itu bisa benar dan bisa salah. Oleh karena itu kita dapat menyetujui atau menolaknya. Jadi, pendapat pada paragraf tersebut ditandai dengan nomor 1, 3, dan 4. Ciri-ciri fisik pada kallimat 1 yakni sangat baik, pada kallimat 3 yakni baik juga dan pada kalimat 4 yakni biasanya.


Membedakan Fakta dan Opini 2

Agar kamu lebih memahami tentang fakta, tentukan/datalah kalimat mana yang termasuk fakta pada teks berikut ini!

Perhatikanlah teks berikut!
 David Beckham pemain sepak bola terkaya di dunia dengan penghasilan 50 juta poundsterling atau sekitar Rp 675 miliar. Pemain ini dipuja karena kehebatannya di lapangan yang ditunjukkan dengan gol-gol indah yang sering diciptakannya. Sosoknya yang modis juga  menjadi pujaan di luar lapangan. Nilai plus lainnya meski Beckham kini bergelimang harta ia tidak sombong dan tidak melupakan asal-usul dirinya yang berasal dari kelas pekerja menengah.

 Keberhasilan Beckham ini, bukanlah sesuatu yang jatuh dari langit. Sejak kecil ia suka sepak bola, bakatnya itu  terlihat sejak belia. Disiplin dan giat melatih bakatnya dengan tekun membuahkan keberhasilan. Tidak mengherankan jika sekarang ia menjadi pemain sepak bola ternama dan terkaya.

Fakta dalam wacana tersebut antara lain;
  1. David Beckham pemain sepak bola terkaya di dunia dengan penghasilan 50 juta poundsterling atau sekitar Rp 675 miliar.
  2. Nilai plus lainnya meski Beckham kini bergelimang harta ia tidak sombong dan tidak melupakan asal-usul dirinya yang berasal dari kelas pekerja menengah.
  3. David Beckham pemain sepak bola yang disiplin dan giat melatih sehingga bakatnya membuahkan keberhasilan.

Ketiga kalimat tersebut merupakan peristiwa atau keadaan yang dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Jadi fakta itu sesuatu yang benar-benar terjadi.

Membedakan Fakta dan Opini 3

Setelah kamu lebih memahami tentang fakta, sekarang tentukan pendapat pada teks berita berikut!

Perhatikanlah teks berikut!

(1) Sushi tampaknya semakin diminati masyarakat di kota besar di Indonesia. (2) Sushi bukan lagi makanan ekskutif yang hanya ditemukan di restoran Jepang. (3) Di Amerika, sushi juga menjadi makanan favorit. (4) Namun, akhir-akhir ini muncul isu penting mengenai tingkat merkuri dalam shusi. (5) Tes laboratorium yang diadakan The New York Times menemukan ada begitu banyak kadar merkuri dalam shusi.


Pendapat dalam wacana tersebut antara lain;
1.    Shusi tampaknya semakin diminati masyarakat di kota besar di Indonesia.
2.    Namun, akhir-akhir ini muncul isu penting mengenai tingkat merkuri dalam shusi.

Pendapat (opini) adalah pikiran atau pandangan tentang sesuatu hal , keadaan, atau peristiwa. Suatu pendapat itu bisa benar dan bisa salah. Oleh karena itu kita dapat menyetujui atau menolaknya.
 Pada paragraf tersebut  pendapat dinyatakan dengan  kata
 Tampaknya semakin (kalimat 1) ,  kata namun, akhir-akhir ini (kalimat 2).

Rangkuman

·           MEMBEDAKAN FAKTA DAN OPINI
Fakta merupakan sesuatu yang ada dan benar – benar terjadi dan pernyataan yang tak terbantah lagi kebenarannya. Kalimat yang berisi fakta merupakan kalimat yang ditulis berdasarkan kenyataan, peristiwa, suasana yang benar – benar terjadi dan bersifat obyektif.

Pendapat merupakan sikap, pandangan atau tanggapan seseorang terhadap suatu fakta dan kebenarannya relatif karena dipengaruhi unsur pribadi yang bersifat subjektif. Baik berupa pertimbangan – pertimbangan maupun saran – saran.

Ciri – ciri dari pernyataan yang berisi pendapat, biasanya menggunakan kata-kata seperti:
·         bisa jadi,
·         sangat,
·         tidak mungkin,
·         sebaiknya,
·         menurut saya…, dan kata – kata yang menunjukkan  subjektivitas seseorang


No comments: