Thursday, April 3, 2014

Cara Menentukan Peringkat /Ranking di Ms Excel


Bagi para guru dan wali kelas, tugas ini memang sangat berat, apalagi jika menyangkut pekerjaan yang berhubungan dengan nilai, tetapi jaman sekarang sudah banyak diuntungkan dengan adanya teknologi yang canggih, sehingga untuk menghitung nilai, rata-rata ataupun ranking sangat mudah untuk dilakukan dan tidak memerlukan keahlian menghitung, cukup dengan memasukkan rumus kedalam komputer, maka secepat kilat akan muncul hasilnya, tanpa harus menghitung manual satu persatu.
Sebagai contohnya, rumus ini cocok digunakan untuk mengetahui ranking siswa disekolah. Mari simak ulasan berikut.

Dalam Dunia Excel dikenal Formula Rank atau Fungsi Rank, Fungsi Rank adalah suatu fungsi untuk menentukan posisi atau rangking dari suatu bilangan yang terdapat dalam daftar atau sekelompok data dan rumus yang digunakan adalah :


=RANK(number,ref,order)

Keterangan:
number, adalah nilai yang akan dijadikan dasar rangking. Untuk contoh kasus dibawah sel dari Nilai Rata-Rata yang menjadi dasar untuk perankingan (sel M13)
ref, berupa range yang diabsolutkan dari kolom yang menjadi dasar merangking (range $U$13:$U$22)
Order, bersifat opsional. Jika tidak dicantumkan maka dianggap bernilai 0. Parameter ini hanya mengijinkan nilai 0 dan 1. Jila diberi nilai 0, maka rangking dalam bentuk descending yaitu nilai tertinggi menjadi rangking 1.  Jila diberi nilai 1, maka rangking dalam bentuk ascending yaitu nilai terendah menjadi rangking 1. untuk kasus ini parameter order dapat diabaikan atau diberi 0.

Perhatikan Gambar Studi Kasus dibawah ini :



Dengan Studi kasus pada gambar diatas maka rumus jadinya adalah :

=RANK(M13;$M$13:$M$22;0)

M13 adalah posisi dimana terdapat suatu nilai untuk kita ketahui rangkingnya setelah kita bandingkan dengan nilai lainnya dalam daftar tersebut (perhatikan M13:M22)


Sedankan angka 0 (nol) untuk menunjukkan urutan secara Descending atau mengurutkan suatu nilai dimulai dari nilai yang terbesar sampai nilai terkecil.

selanjutnya Copy Vaste rumus tersebut  kebawah
dan akan menghasilkan Rangking Otomatis seperti gambar berikut :

Deskripsi Rumus :
= Rumus Pasti diawali dengan tanda "Sama Dengan"
RANK adalah fungsi yang digunakan untuk menentukan rangking / peringkat
( dalam rumus setelah penggunaan fungsi pasti diikuti dengan tanda "Kurung Buka" kemudian di setelah selesai menuliskan rumus ditutup dengan Kurung Tutup atau )
F7 adalah Sel Kunci untuk menentukan rangking atau peringkat, pada contoh kasus ini adalah Sel pertama di Tabel Nilai Rata-rata
$F$7:$F$16 adalah data dari Nilai Rata-rata yang telah diabsolutkan (nilainya tetap), Untuk meng-absolutkan data, bisa dengan cara : Block data yang akan diabsolukan misalkan Block data pada Rata - Rata akan menjadi F7:F16 kemudian tekan F4 di keyboard supaya data tersebut menjadi $F$7:$F$16


Demikian sobat Cara Menentukan Rangking Otomatis di Excel semoga bermanfaat.......
Terimakasih.........

No comments: