A.IKLAN
Iklan merupakan suatu jenis reklame untuk menyampaikan sesuatu kepada khalayak (Masyarakat) ramai melalui media cetak (surat kabar, majalah) atau media elektronik (radio,televise)
Pengertian Iklan
Kamus Besar Bahasa Indonesia menyebutkan bahwa iklan adalah berita pesanan untuk mendorong dan membujuk (mempengaruhi) khalayak ramai agar tertarik pada barang atau jasa yang ditawarkan, atau pemberitahuan kepada khalayak mengenaii barang atau jasa yang akan dijual pemasangannya di media massa atau di tempat umum.
Iklan disebut juga reklame. Kata reklame berasal dari kata re (latin) yang berarti berulang-ulang dan clamare (Latin) yang berarti berseru atau berteriak. Reklame berarti teriakan berulang-ulang kepada setiap orang yang membacanya.Sedangkan iklan yang disampaikan dalam bentuk lembaran-lembaran yang disampaikan melalui kendaraan disebut selebaran atau pamflet.
1. Iklan keluarga yang memuat berita kelahiran, pernikahan ,kematian, dan sebagainya.
2. Iklan pengumuman yang biasanya dibuat oleh instansi pemerintah.
3. Iklan pasaran tenaga kerja yang berisi adanya lowongan kerja atau mencari pekerjaan.
4. Iklan jual-beli atau sewa-menyewa.
5. Iklan penawaran barang yang menyiarkan barang-barang atau jasa.
6. Iklan layanan masyarakat yang bertujuan memberikan penjelasan kepada masyarakat
Contoh ; Bahaya merokok, KB,dan hemat energi.
7. Iklan sponsor menawarkan produk-produk baru
Isi Iklan
1.obyektif dan jujur
2.singkat dan jelas
Bahasa Iklan
1. menggunakan kata-kata baru/asli
2. ungkapan atau majas yang memikat / sugetif
3. menggunakan kat-kata berkonotasi positif
4. teks iklan harus langsung menuju sasaran
B POSTER
Poster merupakan suatu jenis reklame tulisan atau gambar cetak yang biasanya dipasang di tempat umum. Poster sering dipasang dalam bentuk kain rentang (spanduk) yang dipasang melintang jalan atau di dinding yang cukup tinggi sehingga mudah dibaca oleh orang banyak. Poster bisa juga dibuat dalam kertas ukuran besar. Kamus Besar Bahasa Indonesia menyebutkan bahwa Posteradalah plakat yang dipasang di tempat umum.
1. Poster niaga yang berfungsi memperkenalkan barang-barang terbaru.
2. Poster pendidikan yang berisi masalah-masalah yang berhubungan dengan pendidikan
3. Poster penerangan yang berisi penjelasan dengan tujuan membentuk kesadaran masyarakat tentang suatu hal yang menyangkut kepentingan bersama.
4. Poster kegiatan yang berisi pemberitahuan tentang rencana penyelenggaran suatu acara.
Penulisan iklan dan poster hendaknya memenuhi syarat sebagai berikut;
1. Menarik perhatian.
2. Menimbulkan minat dan perhatian bagi pembaca.
3. Mengungkapkan suatu kebenaran.
4. Pendek dan mudah dipahami.
Untuk menarik perhatian pembaca,iklan dan poster dapat dilengkapi dengan gambar yang menarik, serta tulisan yang besar dan mudah dibaca oleh khalayak ramai.
No comments:
Post a Comment